Monday, November 27, 2006


7 Wasiat kepada Abu Zar Al-Ghifari
"Aku telah diperintahkan oleh khalilku (sahabatku tercinta) Nabi Muhammad SAW dengan 7 Wasiat yang harus aku pegang teguh, yaitu :

1. Aku diperintah supaya mencintai orang miskin dan mendekatkan diri kepadanya
2. Aku diperintahkan memandang ke atas
3. Dan aku diperintahkan menghubungkan silaturahmi (kasih sayang), walaupun dia telah membelakang.
4. Aku dilarang keras menadahkan tangan meminta kepada orang lain.
5. Dan aku diperintahkannya mengatakan kebenaran, meskipun pahit.
6. Dan aku diperintahkan supaya dalam menegakkan kebenaran Allah, jangan takut celaan orang yang mencela.
7. Dan aku diperintahkannya banyak-banyak mengucapkan : "La Haula wala Quwwata illa Billah". Karena itu adalah satu perbendaharaan di bawah arasy".

[Dirawikan oleh Imam Ahmad, dari Abu Zar al-Ghifari, Tafsir Al-Azhar HAMKA Juz VI Surat Al-Maidah/54 hal. 288]



Dari Syeikh Abdul Kodir Zaelani berkata,”
Ada 4 hal yang membuat iman dan agama seseorang rusak atau lenyap yaitu:
1. Tidak mau beramal terhadap yang diketahui
2. Tidak mau belajar apa yang tidak diketahui
3. Melakukan pekerjaan atas dasar tidak diketahui
4. Menghalangi orang belajar sesuatu yang tidak mereka ketahui

No comments: